elementor
elementor
Review plugin page builder elementor

Review plugin page builder elementor berdasarkan pengalaman pribadi saya. Sudah banyak sekali page builder yang pernah saya coba mulai dari yang gratis seperti site-origin, live composer, wp page builder sampai page builder premium visual composer, bahkan saya punya extended license yang saya beli di themeforest untuk page builder visual composer.

Dibanding semua page builder yang pernah saya gunakan, saya lebih tertarik menggunakan page builder elementor, dimana penggunaanya yang sangat mudah dan menggunakan license open source. Salah satu fitur yang sangat menarik adalah library dan mobile editing (elementor versi 0.8.0+). Selain itu tersedia lebih dari 28+ widget dan akan terus bertambah, 2 widget yang sedang dalam rencana adalah widget person dan countdown. Tinggal anda tunggu saja versi terbaru dari elementor.

Video elementor

Fitur Utama Elementor

Di luncurkan dengan lisensi open source tapi dengan fitur yang lebih baik daripada page builder premium yang ada saat. Itulah elementor. Page builder mempunyai fitur utama, drag dan drop dengan live preview, tanpa perlu menunggu disimpan dalam database. Dengan lebih dari 28 widget elemen yang sangat fleksibel dan anda dapat atur layout dan style nya tiap elemen anda dapat dengan mudah membuat halaman landing page yang anda inginkan.

editing elementor
editing elementor

Seperti yang bisa anda lihat, lebih dari 28 elemen dapat anda gunakan pada layout anda. Anda tinggal drag dan drop saja pada bagian yang anda inginkan. Selain itu semua pengaturan dapat anda lihat secara live atau real time tanpa harus menunggu ataupun kembali pada halaman dashboard anda. Hal ini tentu saja sangat berguna buat anda dalam mendesain sebuah halaman landing dengan cepat dan tanpa perlu pengetahuan koding. Selain fitur fitur diatas, nantikan juga fitur pengaturan halaman dan riwayat revisi yang sedang dikembangkan oleh tim elementor dan 2 widget baru person dan countdown.

Fitur Pengaturan Elemen Elementor

Semua widget elemen yang tersedia pada elementor dapat diatur style nya. Semua berada pada tab style di elementor ketika anda memasukkan widget nya.

editing style elementor
editing style elementor

Pada tab tersebut anda bisa mengatur style tiap elemen, mulai dari warna elemen, ukuran elemen, alinea sampai dengan pengaturan huruf. Fitur anda dapat membuat desain anda semakin indah dan cantik. Selain itu terdapat pengaturan layout pada tab advance. Disini anda dapat mengatur mulai dari margin, padding, animasi, background, border maupun responsive nya. Pengaturan nya sangat lengkap dan tentu saja sangat user friendly. Sehingga membuat desain jadi lebih menyenangkan.

Fitur Section dan Column Elementor

Semua page builder pasti memiliki fitur ini, tapi ada beberapa fitur dari elementor yang membuatnya semakin istimewa. Fitur resize columns, anda tidak perlu lagi membuat desain dengan ukuran kolom yang itu itu saja, dengan fitur resize column dari elementor, anda dapat dengan mudah mengubah ukuran lebar dari kolom yang anda inginkan. Cukup dengan slide saja kolom nya.

resize column elementor
resize column elementor

Seperti yang anda lihat diatas, anda tinggal melakukan slide pada garis patah patah di kolomnya, dan anda dapat mengatur lebar kolom seperti yang anda inginkan, selain itu ada fitur column gap, content width, height dan content position yang bisa anda gunakan. Sehingga tidak hanya tampilan elemen yang bisa anda atur, tetapi juga section dan column bisa anda atur dengan mudah.

Fitur Previewing Responsive Elementor

Ini fitur sangat powerful, anda tidak perlu lagi buka ponsel dan tablet anda, dengan fitur ini anda dapat melihat nya langsung dari page builder elementor. Sehingga anda tidak perlu lagi menebak nebak bakal seperti apa desain anda di tampilkan pada semua device.

responsive preview elementor
responsive preview elementor

Berikut adalah device yang anda dapat lihat pada elementor:

  • Desktop
  • Tablet ( Ukuran 768px )
  • Mobile ( Ukuran 360px )

Anda bisa lihat gambar diatas, anda dapat mengklik salah satu device anda dapat mengedit nya langsung pada tampilan device tersebut secara live dan real time, fitur ini masih sangat jarang pada page builder lain.

Fitur Library Elementor

Dengan fitur library anda dapat dengan mudah untuk mengimport  hasil kerja anda dari situs yang satu ke situs yang lain. Saya sendiri lebih suka mengedit sebuah halaman di localhost dan mengimport nya langsung di situs live untuk kemudian tinggal mengganti gambar nya saja, karena hasil import, gambar tidak akan terimport dan akan menampilkan gambar default elementor. Selain itu tersedia 20+ lebih predesain landing page yang tersedia yang diberikan secara cuma cuma langsung dari pluginnya.

library elementor
library elementor

Seperti yang bisa anda lihat gambar diatas, itu adalah contoh library dari elementor yang bisa anda gunakan di website anda.

Fitur Mobile Editing

Fitur ini tersedia jika anda menggunakan versi elementor terbaru. Fitur ini digunakan untuk mengedit tampilan pada browser mobile. Disini anda dapat mengedit padding, margin, alinea, ukuran font, dan masih banyak lagi. Tidak hanya desain responsive tapi juga dapat membuat website anda terlihat lebih sempurna di ponsel anda.

Anda dapat mengedit versi mobile langsung live preview sesuai dengan layar mobile anda, jadi anda tidak perlu meraba raba lagi akan seperti apa desainnya di mobile, karena semua dilakukan dengan live preview dan dilihat langsung pada tampilan layar mobile di page buildernya.

mobile editing elementor
mobile editing elementor

Fitur lain elementor

RTL support, page builder ini dibuat oleh warga israel yang menggunakan bahasa habrew yang mana semua tulisannya hampir sama dengan bahasa arab dari kanan ke kiri, sehingga fitur RTL sangat diperhatikan dalam fitur ini.

Editing widget wordpress. Tidak hanya widget bawaan dari elementor nya saja yang dapat diedit, tetepi juga widget dari wordpress nya anda bisa edit pada page builder ini. Hanya saja edit hanya pada field standar. Anda tidak dapat mengedit style dan lainnya.

600 google font tersedia. Cukup banyak sekali font yang bisa anda gunakan untuk mengubah setiap element. Anda dapat mengubah setiap huruf dalam elemen menggunakan font dari google font.

Fast loading, selamat tinggal bloating. Tidak ada lagi kata lambat dalam page builder. Alasan saya tidak pernah menggunakan page builder adalah ribet, load lama dan memakan banyak resource dari server. Tapi tidak dengan yang satu ini, pada website ini, saya menggunakan elementor sebagai page builder. Ini adalah page builder yang saya gunakan live langsung pada website utama.

Harga elementor?

Anda tidak perlu lagi membayar untuk mendapatkan fitur penuh dari page builder ini, semua gratis dan dapat anda gunakan di semua domain anda baik untuk anda sendiri maupun klien anda karena plugin ini diluncurkan dengan lisensi open source.

Lain lain..

Rating 5 pada wordpress repositor.

rating elementor
rating elementor

Dari penilaian saya, elementor adalah salah satu page builder terbaik gratis terbaik saat ini. Page builder ini sangat mudah penggunaanya dan tidak terlalu banyak opsi opsi yang membuat anda pusing dalam membangun sebuah halaman desain. Semua pengaturan di desain sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tidak adanya fitur builder pada dashboard membuat plugin ini saya minati. Ya, page builder seharusnya diatur pada halaman frontend bukan pada dashboard, sehingga tampilan dashboard tetap bersih tanpa ada pengaturan pengaturan yang memberatkan kita ketika menulis sebuah halaman atau posting.

Ketika anda memilih sebuah page builder pastikan sesuai kebutuhan anda, jangan pernah menggunakan page builder lebih dari satu karena itu akan berakibat website anda lebih berat dan tentu saja penggunakan resource akan lebih banyak. So, jika anda ingin menggunakan elementor pastikan ini sebuah kebutuhan anda.

Salah satu desain saya yang menggunakan elementor adalah salespro, anda dapat melihatnya disini.

Apakah anda seorang developer? Anda bisa melihat script page builder ini pada github.

Jika anda seorang pengguna, anda dapat mendownload nya pada repositor wordpress.

Tersedia juga dokumentasi pada page builder in, anda dapat melihatnya disini.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *