Cara menambahkan ongkos kirim pada woocommerce menggunakan woongkir

Secara default woocommerce tidak tersedia ongkos kirim untuk indonesia karena emang plugin tersebut internasional. Untuk menambahkan ongkir atau ongkos kirim pada woocommerce kita memerlukan plugin lagi, banyak sekali plugin ongkir yang tersedia, tapi kali ini saya akan membuat tutorial menggunakan plugin ongkos kirim dari woongkir.

Selain gratis plugin tersebut juga cukup powerful dan koding nya juga bagus. Langsung saja berikut adalah langkah langkahnya:

1. Silahkan masuk ke Plugin, lalu klik Add New. Lalu anda ketikkan Woongkir pada keyword, setelah itu klik enter. Pasang dan aktifkan. Jika cara ini tidak berhasil, anda dapat mendownload di https://wordpress.org/plugins/woongkir/ dan mengupload nya manual.

cari woongkir
cari woongkir

2. Setelah anda aktifkan, jangan lupa untuk mengatur plugin tersebut. Pengaturannya berada pada settingan Woocommerce -> Settings -> Shipping.

3. Silahkan anda buat Shipping Zone, baru misalnya Indonesia, lalu klik Add Shipping Method. Maka akan muncul popup, pada popup tersebut anda seleksi dan pilih Metode Woongkir.

woongkir shipping method
woongkir shipping method

4. Setelah anda pilih lalu pada popup klik Add Shipping Method. Nah metode woongkir kini telah ditambahkan, selanjutnya anda hover tulisan Woongkir pada Shipping Method Title dan anda klik edit, maka akan muncul popup untuk pengaturan plugin woongkir.

popup pengaturan woongkir
popup pengaturan woongkir

Beberapa keterangan mengenai pengaturan woongkir.

  • Shipping Origin Province = Provinsi toko anda berada.
  • Shipping Origin City = Kota toko anda berada.
  • Shipping Origin Subdistrict = Kabupaten/ Kecamatan toko anda berada.
  • Tax Status = Status pajak, apakah tidak ada (none) atau kena pajak (taxable).
  • Show ETA = Estimasi waktu kedatangan barang / barang sampai ke pelanggan, centang jika anda menampilkan estimasi kapan barang datang.
  • Base Cart Contents Weight (gram) = Jumlah default berat barang, jadi ketika anda lupa memasukkan berat barang pada postingan produk anda, maka ongkos kirim akan menggunakan berat ini sebagai harganya, jika ini tidak di isi maka ketika anda lupa memasukkan jumlah berat pada produk anda, maka pelanggan tidak dapat melihat jumlah ongkos kirim pada halaman cart dan checkout nya.
  • RajaOngkir API Key = API Key ongkos kirim dari rajaongkir. Anda diwajibkan untuk memasukkan opsi ini karena harga diambil dari ongkos kirim. Untuk mendapatkan API Key nya anda dapat mendaftar pada situs rajaongkir.com. Disana tersedia beberapa tipe akun rajaongkir, starter, basic dan PRO. Masing-masing tipe akun memilik fitur nya masing-masing. Silahkan lihat pada video untuk mendapatkan API Key dari rajaongkir.
  • RajaOngkir Account Type = Silahkan anda pilih tipe akun rajaongkir anda pada pengaturan disini, mendukung untuk semua tipe akun dari rajaongkir. Pada tipe akun starter, anda hanya dapat menggunakan 1 kurir saja dari kurir Pos, JNE dan TIKI. Tapi jika anda mempunyai akun basic dan PRO, anda dapat menggunakan banyak kurir dari berbagai macam kurir.

5. Setelah anda memilih tipe akun rajaongkir, maka akan muncul pilihan kurir dibawah settingan, anda pilih satu kurir jika anda menggunakan akun starter, atau anda dapat memilih banyak kurir jika anda mempunyai akun Basic atau PRO.

Selesai, tinggal anda coba saja. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda lihat tutorial video diatas.