Cara mengoptimalkan kecepatan theme muvipro

Cara mengoptimalkan kecepatan theme muvipro sama saja dengan mengoptimalkan kecepatan pada theme superfast, perbedaannya hanya pada mengoptimalkan kecepatan pada gambar, karena theme muvipro menggunakan TMDB grab untuk memposting movie dan gambar secara otomatis akan di upload tanpa dioptimasi terlebih dahulu oleh pengguna. Tetapi jika anda memposting manual yang pertama tama harus anda lakukan adalah mengkompres gambar yang akan anda upload di postingan. Anda dapat mengkompres gambar JPEG atau PNG pada website online, saya sendiri menggunakan kompres dari situs:

  • JPEG (http://www.compressjpeg.com/)
  • PNG (http://compresspng.com/)

Oke lewati cara pertama diatas. Jika anda melakukan post secara otomatis, saya sarankan anda menggunakan plugin untuk mengkompres gambar. Disini ada beberapa yang bisa anda gunakan:

  • Smush it (https://wordpress.org/plugins/wp-smushit/)
  • EWWW Image Optimizer (https://wordpress.org/plugins/ewww-image-optimizer/)
  • Compress JPEG & PNG images (https://wordpress.org/plugins/tiny-compress-images/)

Catatan:

  • Tidak ada jaminan gambar akan teroptimasi secara otomatis, saran saya biarkan saja, gak usah terlalu di permasalahkan…
  • Silahkan pilih yang anda suka. Free plugin optimasi tidak maksimal, saya coba menggunakan smush it dan hasil kompres lebih baik menggunakan online website.

Ok Lanjut..

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah masuk ke settings -> idmuvi core -> other, dan centang remove emoji dan script version nya.

idblog core remove emoji
idmuvi core remove emoji

Selanjut adalah instal plugin pendukung autoptimize (https://wordpress.org/plugins/autoptimize/). Cara instalasi dan setting bisa anda lihat video pada cara mempercepat theme superfast. Setelah anda aktifkan, lalu masuk ke Settings -> Autoptimize. Lalu klik Hide advanced settings. Berikut adalah contoh settingan di demo:

superfast autoptimize settings
muvipro autoptimize settings

Langkah berikutnya adalah instal plugin yang akan mengoptimasi fungsi server dan cache anda. Ada beberapa plugin cache yang cukup populer, misalnya. WP Super Cache, W3 Total Cache, WP Fastest Cache, dan lain sebagainya.. Untuk saya sendiri lebih suka menggunakan WP Fastest Cache, karena setting nya mudah dan benar benar mengoptimalkan kecepatan website saya.

Untuk demo saya menggunakan WP Fastest Cache (https://wordpress.org/plugins/wp-fastest-cache/).

Setelah anda aktifkan pluginnya anda masuk ke WP Fastest Cache, lalu setting plugin cache anda. Untuk settingan di demo bisa anda lihat screenshot berikut:

superfast wp fastest cache settings
muvipro wp fastest cache settings

Ok sampai langkah ini, anda sudah selesai mengoptimalkan theme muvipro.

Catatan:

  • Untuk theme over optimasi, tidak masalah karena sudah disesuaikan, tapi untuk plugin plugin tertentu yang terpasang pastikan support cache. Misal elementor tidak support dengan plugin autoptimize, dan masih banyak lagi.
  • Di demo tidak menggunakan script adsense pastikan bahwa script adsense anda bekerja dengan baik dan selalu gunakan script ascyncron ketika akan mengambil kode adsense dan gunakan adsense responsive agar lebih optimal.
  • Semakin banyak instal plugin maka website akan semakin lambat.
  • Server juga berpengaruh dalam hal mengoptimalkan kecepetan website anda, pastikan server anda mendukung GZIP, mod_expire, mod_pagespeed. Untuk demo saya mendapatkan nilai 99 di semua pagespeed testing dan menggunakan hosting dari warnahost.
  • Gunakan CDN agar lebih optimal, CDN gratis bisa anda dapat di cloudflare, jika anda ingin lebih optimal gunakan yang premium

Baca catatan diatas sebelum bertanya. 😀 Semoga bermanfaat.