Pengaturan baru di muvipro versi 1.0.7

Ini ada tutorial untuk theme muvipro versi 1.0.7 keatas dengan plugin idmuvi core versi 1.1.0 keatas. Pada versi ini ada beberapa fitur yang disematkan pada theme muvipro, seperti integrasi dengan gdriveplayer dan haxhists, focus menu, tambahan pengaturan pada widget, dan masih banyak lagi.

CATATAN PENTING: Jika anda update theme terbaru pada versi ini, maka anda di haruskan untuk mensetting ulang widget post dan widget module anda.

Penambahan custom page

custom page muvipro baru
custom page muvipro baru

Pada theme muvipro versi 1.0.7 terdapat tambahan custom page Order by date dan Order by modified, yaitu untuk menampilkan posting movie berdasarkan tanggal terbaru ataupun menampilkan posting movie berdasarkan modifikasi terbaru.

Merubah Pengaturan Widget dari Multiselect menjadi autocomplate dan menambah pengaturan orderby rand, date dan modified.

pengaturan baru widget dan seleksi autocomplate
pengaturan baru widget dan seleksi autocomplate

Sebelumnya widget post, movie atau module menggunakan multi seleksi, dengan alasan performa karena jika sampai ribuan tag maka dashboard wordpress akan terasa berat, maka diubah menggunakan ajax autocomplate. Dan terdapat pengaturan baru yaitu Orderby Random, Date atau Modifikasi. Pengaturan ini berfungsi untuk mengurutkan posting anda berdasarkan Tanggal Posting, Random atau berdasarkan tanggal modifikasi.

Penambahan opsi di Idmuvi-Core -> Ajax & Content -> Content Order By

penambahan pengaturan content orderby modified
penambahan pengaturan content orderby modified

Pada pengaturan diatas, ditambahkan pilihan Order By Modified. Sehingga konten anda dapat diurutkan berdasarkan Modifikasi post anda.

Fitur integrated player dengan gdriveplayer dan haxhits

Jika anda tidak menggunakan kedua player tersebut maka anda tidak perlu mengaktifkan fitur tersebut. Tapi jika anda menggunakan salah satu provider player tersebut, anda dapat menggunakan fitur tersebut untuk memberikan kemudahan pada posting movie anda.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, silahkan anda masuk ke Idmuvi Core -> Player Integrated. Dan silahkan anda pilih yang anda inginkan misal gdriveplayer.us Embed, gdriveplayer.us Title dan haxhits.com Embed. Jika anda menggunakan haxhits maka anda diharuskan memasukkan API Key pada pilihan API Key Haxhits. Untuk mendapatkan API Key nya silahkan anda login di: https://haxhits.com/?p=dashboard.

player integrasi theme muvipro
player integrasi theme muvipro

Setelah itu silahkan anda edit movie anda, dan lihat settingan baru pada tab Player Settings pada custom field. Nah disana ada pengaturan baru sesuai Provider yang anda pilih ketika seleksi provider di plugin idmuvi-core. Silahkan lihat gambar dibawah:

integrated player custom field muvipro
integrated player custom field muvipro

Nah disana anda tinggal memasukkan link google drive anda, jika anda ingin memasukkan subtitle dan poster maka anda tinggal memasukkan link nya saja disana setelah itu klik Get Iframe, tunggu beberapa detik maka secara otomatis kode iframe akan dimasukkan pada Embed Code 1 pada tab Server 1. Fitur ini hanya support pada Server 1, untuk server lainny, silahkan anda masukkan secara manual. 😀 Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat video diatas.

Catatan penting:

  • Semua player diatas terdapat iklan popup dari provider nya masing2, jadi anda tidak usah heran kalau kalau tiba2 muncul popup pada halaman posting anda, sama seperti ketika anda menggunakan provider lain, misalnya oload, openload, dan lain sebagainya.
  • Beda antara gdriveplayer.us Embed dan gdriveplayer.us Title apa? Untuk Embed disini anda diharuskan untuk mengupload file movie anda pada google drive atau provider lainnya sedangkan Title anda tidak perlu mengupload apapun, anda hanya perlu memasukkan Judul film nya saja dari daftar film yang sudah disediakan oleh gdriveplayer.us(terdapat sekitar 14ribu dan akan terus diupdate kata founder nya). Untuk lebih jelasnya dan melihat daftar film nya, silahkan anda kontak langsung http://gdriveplayer.us/#contact
  • Jika player limit dan tidak tampil silahkan anda langsung kontak provider nya, karena disini saya hanya mengambil embed kode nya saja dari API player tersebut.

Jika anda tidak menggunakan kedua player tersebut maka anda tidak perlu mengaktifkan fitur tersebut. Tapi jika anda menggunakan salah satu provider player tersebut, anda dapat menggunakan fitur tersebut untuk memberikan kemudahan pada posting movie anda.

Fitur Fokus menu

fitur fokus menu muvipro
fitur fokus menu muvipro

Silahkan anda lihat gambar diatas, terdapat menu dengan background hitam dan tulisan tebal, itu adalah fokus menu di theme muvipro. Untuk menambahkan nya baca langkah berikut:

  1. Silahkan anda masuk ke Appearances -> Menus, lalu anda pilih salah satu link yang ingin anda fokus kan.
  2. Lalu masukkan kode focus-menu pada pilihan CSS Class. Setelah itu tinggal save saja.
fitur fokus menu muvipro css class
fitur fokus menu muvipro css class

 

Catatan:

Jika CSS Classes tidak ada, maka silahkan klik Screen Options pada bagian sebalah kanan atas, lalu centang pilihan CSS Classes.

Fitur lainnya adalah untuk meningkatkan performa web anda menjadi lebih cepat.

pengaturan meningkatkan performa baru muvipro
pengaturan meningkatkan performa baru muvipro
  1. Remove Jquery Migrate. Ini berfungsi untuk menghapus load jquery migrate dari wordpress core nya. Dengan menghapus load ini maka kecepatan website akan bertambah dan mengurangi beban load jquery. Tapi jika anda masih menggunakan script lama jquery yang sudah depracate atau usang, jangan anda aktifkan fitur ini, karena jquery anda tidak akan terload dengan baik. Mengenai jquery migrate bisa anda lihat disini: https://plugins.jquery.com/migrate/.
  2. Remove WP Oembed. Ini berfungsi untuk menghapus load Oembed dari wordpress core nya. Dengan menghapus load ini secara otomatis website anda akan lebih cepat. Tapi perlu di ingat wp oembed ini juga penting untuk load beberapa fitur. Mengenai oembed bisa anda lihat disini: https://codex.wordpress.org/Embeds. Jika anda menggunakan fitur embeds dan ada konflik sama plugin tertentu saya sarankan jangan mengaktifkan fitur ini.
  3. Remove WP Head Meta Tag. Ini berfungsi untuk menghapus meta yang di bawa oleh wordpress core nya, seperti rds, wlwmanifest, feed links, shortlink, comments feed dan meta tag lain bawaan wordpress. Ingat ada beberapa plugin menggunakan fitur ini, misal jetpack membutuhkan xmlprc, dan plugin lainnya, jadi jika terjadi konflik dengan plugin tertentu jangan anda aktifkan fitur ini.

Catatan Penting:

Pastikan setelah anda update wordpress, silahkan anda clear cache pada plugin cache anda dan jika anda menggunakan cloudflare silahkan anda purge cache di cloudflare karena ada beberapa css dan jquery yang diubah dan diganti dengan jquery plugin lainnya.