Cara meregenerate thumbnail di theme baru

Tutorial kali ini tentang cara meregenerate thumbnail ke ukurang baru pada theme baru yang anda gunakan. Pada sebelumnya saya menggunakan plugin otf regenerate thumbnail sebagai default nya, karena plugin ini akan otomatis menyesuaikan ke ukuran default pada theme baru anda. Tapi efeknya adalah proses resource CPU menjadi agak lebih besar.

Nah pada versi baru theme theme yang saya gunakan nanti tidak include lagi plugin tersebut, buat yang masih menginstall plugin tersebut, bisa anda uninstall. Sebagai gantinya disini saya akan memberikan tutorial cara meregenerate thumbnail pada theme yang baru di install, untuk theme yang sudah lama di install tidak usah kuatir karena thumbnail akan sesuai dengan theme anda.

Tutorial ini juga di khususkan buat theme yang baru di install tetepa sudah memiliki posting, jika belum memiliki posting, tidak perlu kuatir karena ketika posting, maka thumbnail di crop sesuai dengan theme baru anda.

Berikut adalah langkah langkahnya:

1. Silahkan masuk ke dashboard wordpress anda, lalu masuk ke menu Plugins -> Add New. Nah pada bagian keyword silahkan anda cari regenerate thumbnail. Maka akan muncul plugin dengan nama regenerate thumbnail pada urutan paling atas biasanya. Atau kalau cara ini tidak berhasil anda bisa download plugin di: https://wordpress.org/plugins/regenerate-thumbnails/ lalu lakukan upload manual di bagian plugin -> add new lalu klik upload plugin.

regenerate thumbnail
regenerate thumbnail

2. Silahkan anda klik Install Now dan Activate kan plugin tersebut.

3. Langkah berikutnya setelah anda aktifkan pluginnya adalah, masuk ke Tools -> Regenerate Thumbnails. Nah di sini anda dapat melakukan regenerate thumnail anda.

menu regenerate thumbnail
menu regenerate thumbnail

4. Nah anda klik salah satu tombol regenerate diatas. Klik Renerate Thumbnail For All Attachment untuk menggenerate thumbnail seluruh attachment, dan klik Regenerate thumbnails For Featured Image Only, hanya untuk melakukan generate thumbnail yang gambarnya di set featured image pada postingan.

5. Tunggu beberapa saat sampai image teregenerate semua dan selesai.

Demikian tutorial dari saya, semoga bermanfaat.